Jumat, 20 Maret 2009

Pameran Tunggal Seni Visual I Made Wiradana "Eksodus Binatang"

21 Maret 2009 - 03 April 2009


I Made Wiradana adalah seorang perupa yang sangat menyukai binatang. Saking sukanya, dia membuat banyak sekali visual binatang di dalam karya-karyanya. Namun kehadiran binatang dalam kanvasnya tersebut selalu dilakukannya dengan semangat bermain dan penuh humor. I Made Wiradana banyak mengolah tema-tema binatang dari sisi idiom, istilah, sampai simbolis. Contohnya adalah karya I Made Wiradana yang berjudul “Lidah Buaya”dimana dalam visualnya dia menampilkan beberapa (binatang) buaya yang lidahnya terjulur panjang tertancap di atas pot, layaknya tanaman. Atau lukisannya yang menampilkan jejeran para gadis yang tampak berpose cantik menunggu sesuatu; judul lukisan itu adalah “Kupu-kupu Malam”.

Kehadiran Binatang dalam lukisan Wiradana tidak dalam bentuk yang utuh dan banal. Dia bisa berasal dari sebuah ejekan, guyonan atau istilah dalam kehidupan sehari-hari, yang diaplikasikan menjadi sesuatu yang ala kadarnya atau bahkan simbolis di atas kanvas. Disinilah praktek bermain-main Wiradana menemukan sisi jenialnya. Binatang menjadi bermakna dalam ruang lingkup permainan tanda dan visual yang menggoda untuk dipahami berbeda. Dalam hal ini lukisan Wiradana mengajak penontonnya untuk menemukan sisi makna dan relasinya dengan binatang bahkan dari judulnya yang juga bermuatan “kebinatangan”. “Binatangisasi” I Made Wiradana, ada dalam caranya mempergunakan “binatang” dan bukan hanya sekedar kebentukannya. Disinilah pameran “Eksodus Binatang” kali ini, menjadi begitu berbeda sekaligus menarik.



Malam pembukaan : Sabtu, 21 Maret 2009
Pukul : 19.30
Pameran dikuratori oleh Mikke Susanto
Pameran ini dibuka oleh Prof. DR. Heddy Shri Ahimsa Putra (Guru besar Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada)
Dimeriahkan oleh pertunjukan : Prabumi Jazz Etnic Band
MC : Trio Kirik

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pameran ini bisa menghubungi:
Srisasanti Gallery
Gallery: Jl. Palagan Tentara Pelajar No. 52A , Sleman Yogyakarta
Telp/Fax: (0274) 866 765
Head Office: Jl. Tentara Rakyat Mataram No. 5 , Bumijo Jetis Yogyakarta
Telp: (0274) 561 992

Email: info@srisasanti.com, srisasanti@yahoo.com

Contact person
Fery Oktanio Program Manager (081322903168)

Tidak ada komentar: